Rabu, 25 November 2015



  Motivasi
kekuatan semangat atau himmah seseorang itu tidak bias menerobos atau melewati taqdir yang ditentukan oleh allah. Oleh sebab itu, tenangkanlah jiwamu dalam mengurusi apapun yang telah menjadi urusan allah. Sebab engkau akan percuma ikut campur dengan urusan yang telah di tanggung oleh allah.

            Motivasi merupakan keinginan, dorongan, hasrat dan tenaga untuk menggerakan perilaku yang berasal dari dalam dirinya. Sifat keinginan seseorang memiliki karakteristik memaksa, tidak mudah puas, bebas, dan terkadang tidak rasional. Dalam bahasa psikologi yang menganut teori sigmun freud, dikenal dengan istilah id, ego dan super ego. Id sendiri merupakan kemauan atau keinginan diri sendiri, sedangkan ego merupakan tindakan atau proses dalam mencapai id (keinginan). Serta super ego merupakan norma atau batasan id yang dapat dilakukan sehingga akan menimbulkan kebaikan dan kemaslahatan bagi lingkungan.
            Dalam maqolah ibnu athoillah diatas, yang berlaku sebagai super ego adalah batasan keinginan manusia adalah taqdir. Dimana taqdir adalah keputusan allah yang telah ditetapkan pada masa azzalai atau sebelum manusia tersebut lahir didunia. Bagaimanapun keinginan manusia dan bagaimanapun usaha yang dilakukan untuk memenuhi keinginan semuanya bergantung pada ketentuan allah.

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Labels