Sabtu, 25 Juni 2016

Surat Tak Bertuan

Posted by iqbal ali wafa On 15.40 | No comments

Diantara kita pasti pernah merasakan sebuah keajaiban hubungan berkomunikasi tanpa ada hubungan baik berbicara langsung maupun melalui media. Kalau bahasa jawa terkadang disebut “krentek” yakni suatu komunikasi yang mana melibatkan filling yang tepat dan itu benar. Memang tidak semua orang peka dengan ini. seperti contoh, seorang ibu akan merasakan gelisah atau kefikiran terhadap anaknya dan pada saat itu juga anaknya sedang mengalami masalah. Contoh lain yang dapat dirasakan adalah ketika kita sedang berada dirantauan, dan tiba tiba memiliki maksud untuk menghubungi ibunda dirumah. Namun belum sempat berbicara dan belum sempat memegang telephone genggam. Tiba tiba terdengar deringan sms atau telepon dari ibunda kita. Nah inilah yang dimaksud hubungan batin atau krentek.

Bagaimana sih sebenarnya cara agar kita dapat meningkatkan ketajaman filling atau “krentek” ? nah itulah yang akan dibahas dalam tulisan ini. memiliki ketajaman filling banyak sekali manfaatnya. Ketika dapat memahami lawan bicara kita, kita dapat mengerti apa yang akan dikerjakan lawan bicara kita, kita dapat mengerti maksud dari orang lain dan tentunya hubungan silaturrahmi terjalin dengan rapi karena saling memahami.
Adapun yang dapat dilakukan adalah berlajar positif thinking. Dengan menggunakan positif thinking, dapat menjernihkan hati dan fikiran. Sehingga ketajaman berfikir meningkat dan  konsentrasi ikut meningkat. Selain itu, pola hubungan komunikasi yang baik, artinya komunikasi didasari dengan keikhlasan tanpa mengharapkan harapan lain yang tak berguna. Yang terakhir adalah sering mengirimkan fatihah, mengapa demikian? Karena dalam ajaran agama telah diterangkan bahwa surat al fatihah memiliki banyak kegunaan. Mengapa orang meninggal kita kirimkan fatihah? Mengapa orang sakit kita doakan dan kita bacakan surat fatihah? Mengapa semua serba membaca surat al fatihah?. Dapat dicoba, kirimkan fatihan kepa orang tua kita dan istiqomah setiap hari tanpa ada hari yang terlewatkan. Lalu rasakan komunikasi melalui hati dengan orang tua. apa yang kita rasakan, inya allah orang tua juga merasakan.
Bagi yang telah beristri atau bersuami dapat merasakan hal ini. terkadang suami telah mengerti apa maksud istri tanpa berkomunikasi sebelumnya. Seperti kisah suami berangkat shlat jumat dan setelah sholat jumat suami melihat penjual bakso dan bermaksud untuk membeli dan makan berdua dirumah, mumpung anak-anak masih sekolah dan pulang sore. Sebelumnya sang istri mengirim SMS kepada suami minta dibelikan bakso dan bermaksud untuk makan berdua karena dirumah belum ada anak anak.
Sesampainya dirumah sang suami salam dan dibukakan pintu oleh istri, “surprise!” sambil mengangkat bingkisan berisi bakso. Sang istri bilang “surprise apa, kan aku yang minta tadi”. Kata suami “kapan mama mintanya?”. Sambut sang istri “tadi waktu sholat jumat, mama sms buat beli bakso didepan masjid”. Sang suami menjawab “hp papa dirumah, tuh diatas meja deket televise!”. Nah inilah yang namanya filing yang tinggi atau krentek.
Selamat mencoba dan jangan memikirkan hasilnya. Tapi berusaha seikhlas mungkin tanpa mengharapkan sesuatu. Karena ketika harapan tak sebanding dengan pekerjaan akan membuat kekecewaan.

Malang, 22/06/2016
Iqbal ali wafa

santrikuliah

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Labels