Sabtu, 25 Juni 2016

DIMANA POSISI MAHASISWA TAKMIR ITU?

Posted by iqbal ali wafa On 15.33 | No comments
                Ngobrol mengenai mahasiswa, banyak sekali cerita cerita dari mereka. Entah ada yang bertempat tinggal di kos, rumah kontrakan, pondok hingga ada pula yang menjadi takmir. Nah, mahasiswa yang menjadi takmir inilah yang memiliki cerita unik. Jika anak kosan mungkin seperti ada umumnya, mungkin yang mahasiswa yang mondok memiliki cerita yang berbeda.

Nah, kembali ke mahaiswa yang menjadi takmir. Mereka bertempat di masjid atau mushola. Mereka dituntut menghargai waktu. Waktu yang digunakan adalah waktu sholat, bukan waktu kantor. Mereka harus bangun maksimal jam 03.30 guna menyiapkan tempat tinggalnya yang akan didatangi malaikat. Hehehe
Nah, mahasiswa yang menjadi takmir terkadang banyak masalah kemasyarakatan yang mereka hadapi. Minimal konflik antar warga sekitar hingga perebutan masjid atau mushola dengan cap organisasi yang mereka ikuti. Lalu bagaimana posisi mahasiswa takmir agar mereka aman? Sebab mereka hanya menumpang hidup, bukan penduduk asli yang terlibat?

Salah satu cara agar si takmir aman dari konflik warga. Sebisa mungkin menghindari konflik tersebut. Tidak ikut campur terlalu dalam kepada konflik tersebut. Lalu yang paling penting adalah tetap berpegang teguh pada intruksi ketua takmir. Bagaimanapun ebijakan ada diketua takmir sebagai penanggung jawab dan pelindung takmir. Selain itu tetap berpegang teguh pada ajaran yang diyakini kebenaranya. Nah itu sebabnya takmir harus bersifat netral.

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Labels