Sabtu, 21 Januari 2017

Perumahan Bagaikan Kapung Halaman

Posted by iqbal ali wafa On 07.51 | No comments



Fenomena hidup secara individualisditengah perkotaan adalah hal yang lumrah. Sebab para penduduknya mayoritas pendatang dari beberapa daerah. Tujuan mereka beragam untuk tinggal dikota, ada yang dikarenakan mereka bekerja, kuliah atau bahkan sekedar investasi di tengah kota. Tak hayal jika mereka hanya mementingkan kepentinganya pribadi dan megenyampingkankepentingan orang lain. tepat tanggal 1 januari 2017 kemarin, ditemukan seorang kakek meninggal dan diketemukan 6 jam kemudian. Tak lain karena tidak ada tetangga yang mengetahui keadaan akek tersebut. Sebab lingkunganya adalah di lingkungan kos dan kotrakan mahasiswa yang mana sudah jelas tingkat individualis yang tinggi.

Berbeda dengan salah satu perumahan didaerah jalan Kanjuruhan Asri yang memiliki karakteristik peruahan berbeda dengan yang lain. salah seorang tamu berpendapat bahwa perumahan tapi suasanya seperti didesa. Mengapa demikian? Sebab para warganya menciptakan beberapa kegiatan yang melibatkan warganya secara penuh. Serta toleransi antar warga perumahan tinggi. Banyak kegiatan seperti footsal diadakan setiap minggunya, ngopi bareng disalah satu warga hamper setiap hari dilakukan oleh warga. Sehingga proses komunikasi antar warga berlangsung secara rutin disetiap harinya.
Kegiatan keagamaan yang berpusat di masjid berjalan dengan melibatkan warganya. Setiap peringatan hari besar islam (HBI) selalau diperingati dengan dihadiri oleh warganya dan suguhan berasal dari warganya. Pada perayaan hari raya idul adha, diadakan diseleah masjid. Sebagai panitianya adalah bapak-bapak dan ibu ibu yang menyiapkan makanan, minuman serta jajanan untuk anak-anak.
Kegiatan yang paling menarik dan jarang sekali diadakan oleh warga selain ngopi adalah bakar ikan. Hampir satu bulan sekali diadakan acar bakar ikan yang dihadiri oleh bapak-bapak diseluruh blok perumahan. Hal ini yang dapat menjadikan suasana perumahan di kota yan bernuansa desa.
Adapun rencana kedepan yang akan menghiasi perumahan ini adalah dibangunkanya pondok tahfidz. Pada saat ini telah diresmikan yayasan dan akan membuat pondok tahfidz. Sementara kegiatan dimulai adalah tahsin Al Quran, les pelajaran sekolah, setoran hafalan bagi yang berminat, TPQ dan acara keagaan lainya.untuk sarana publik yang akan dihubungkanya dua perumahan, karena terpisah oleh sungai sehinga dapat dilalui roda empat. Selain jembatan yang akan diresmikan akan dibangun pula taman mini, gedung serbaguna dan beberapa perlengkapan kebutuhan warga.

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Labels