Senin, 23 Februari 2015

PS 2/1

Posted by iqbal ali wafa On 22.01 | No comments


Kamu datang, aku sedih. Dia datang aku senang
Psikologi sosial? Mahasiswa psikologi akan menemui mata kuliah psikologi sosial. Mata kuliah ini mempelajari pengaruh psikologi yag diakibatkan dari pengaruh orang lain. Jelas dong kalau sosial pasti ada pertemuan antara individu dengan individu. Apalagi psikologi, dimana ada manusia disitu pasti ada psikologi.
Pengaruh orang lain dapat berupa merugikan atau menguntungkan. Kehadiran orang lain yang menjadi merugikan adalah disaat karyawan kasir menghitung uang yang didapat pada hari itu. Tiba tiba ada orang lain yang menungguinya dihadapanya. Pasti ia merasa tidak nyaman akan kehadiran orang lain tersebut. Nah itu adalah contoh pekerjaan komplek. Dimana orang lain merasa dirugikan oleh kedatangan orang lain. Contoh lain dari pekerjaan komplek adalah sekretaris, desainer, editor, arsitek dll.
Sedangkan kehadiran orang lain yang menguntungkan terdapat dipekerjaan otomatis. Ingatkah anda dengan kerja bakti didesa anda atau disekolah anda atau di temat kerja anda atau disaat anda mondok? Nah kerja bakti tersebut akan lebih semangat jika banyak orang lain yang datang. Contoh lain saat tim sepak bola anda main dan banyak sporter, maka para pemain sepak bola akan bersemangat. Coba kita bandingkan saat permainan laga sepak bola yang tidak dihadiri oleh sporter, pasti permainanya terlihat garing dan tidak menyenangkan. Selalain sporter dan kerja bakti ada pula yang membutuhkan kehadiran orang lain yakni penyanyi yang dihadiri banyak penonton, penyiar radio yang banyak mendengar siaranya dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Labels