Senin, 23 Februari 2015

T.I /3

Posted by iqbal ali wafa On 22.02 | No comments


TIDAK BISA CERDAS LAGI YA?
Kecerdasan? mungkin kita sering mendengar kata kecerdasan atau cerdas saja. kecerdasan dapat kita artikan secara general sebagai kemampuan memahami sesuatu atau kemampuan memecahkan masalah. Seseorang yang memiliki kecerdasan sendiri sendiri yang sudah ditentukan oleh allah SWT. Analoginya, seorang individu diberikan oleh allah kecerdasan sebesar gelas 200 ml ya sudah, berarti kecerdasan itu sebanyak 20 ml. Tidak bisa ditambah dan dikurangi. Namun bisa dioptimalkan. Optimalisasi kecerdasan beriringan dengan kematangan usia seseorang. Jadi rumus IQ = MA/CA itu dianggap tidak ilmiah. Masak seseorang semakin banyak MA-nya semakin bodoh? Padahal MA itu kematangan mental umur seseorang. Nah, untuk melihat kecerdasan seseorang dapat diketahui melalui tes tes yang terdapat dalam keilmuan psikologi.
Apakah IQ dapat diturunkan? Nabi muhammad sudah menganjurkan bawa mencari calon pendamping hidup dengan kriteria agama, harta benda, daya tarik, nasab. Nah dari itu dapat kita ambil kesimpulan bahwa kecerdasan dapat diturunkan. Disisi lain penentuan kecerdasan juga ditentukan saat golden age.  Dimana terhitung semenjak umur 0-5 tahun. Ibu yang sedang mengandung sebaiknya memberikan protein secara baik. Dan pemberian stimulus yang positif saat saat masih didalam kandungan juga memberikan nilai tambah bagi kecerdasan seseorang. Karena neuron-neuron saat itu mulai diciptakan dan akan saling bersinambungan saat umur >5 tahun. Penentuan berkutnya adalah cara asuh anak juga menjadi penentu optimalisasi kecerdasan seseorang. Bayangkan saja, seorang anak memiliki kecerdasan 100, namun cara asuhnya hanya 50, nah, kasian kan anak tersebut. Mulai dari sekarang, perhatikanlah anak anda dan berilah cara asuh yang baik untuk mereka.
Lalu bagaimana dengan kecerdasan bapak habibi yang suka berenang? Rasulullah telah menganjurkan kepada kita untuk mengajarkan pada anak anak kita berkuda, berenang dan memanah. Nah, berenang merupakan salah satu anjuran rasulluah. Bukankah rasulluah adalah panutan hidup? . berenang merupakan olahraga yang menggunakan seluruh bagian tubuh termsuk kinestetik. Jadi otak akan berfikir lebih dan optimalisasi saat berenang penuh. Akibatnya berenang dapat menambah optimalisasi.
Selanjutnya apakah ibu lebih banyak menyumbangkan kecerdasan pada anak? Pada dsarnya kecerdasan adalah gen yag terdapat dipihak ayah atau ibu. Namun itu tidak dapat dikatakan dengan cerdas bahwa ibulah satu satunya yang dapat menurunkan kecerdasan pada anak. Tetapi madrasah pertama bagi anak adalah ibu, maka dalam hal ini dapat dibenarkan bahwa ibu bukan satu satunya penurun kecerdasan namun madrasah atau sekolah pertama bayi adalah ibu.

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Labels