Sabtu, 24 Maret 2012

FADHILAH MENUNTUT ILMU

Posted by iqbal ali wafa On 19.28 | No comments
FADHILAH  MENUNTUT ILMU
1) Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim
2) Ilmu membuat seseorang jadi mulia, baik di hadapan manusia juga di hadapan Allah
3) Dalam Kitab Ihya ‚Uluumuddiin susunan Imam Al Ghazali disebut bahwa Nabi berkata: „Di akhirat nanti tinta ulama ditimbang dengan darah para syuhada. Ternyata yang lebih berat adalah tinta ulama.
4) Menuntut ilmu itu pahalanya sanga
t besar
5) Penuntul ilmu akan dimudahkan jalannya menuju syurga
6) Menuntut ilmu termasuk berjuan di jalan Allah SWT
7) Ilmu menjadi amalan yang terus menerus mengalir pahalanya
8) Menuntut ilmu dapat mendekatkan diri pada Allah SWT
9) Barang siapa belajar satu Ilmu maka akan diajari oelh Allah satu ilmu lain yang ia tidak tau
10) Ilmu atau ayat Al Qur’an yang tidak diamalkan akan jadi beban bagi kita di akhirat
11) lmu agama itu berlandaskan Al Qur’an dan Hadits yang shahih
12) Ilmu adalah kunci sukses dunia akhirat
13) Seorang ‘alim lebih tinggi dari pada seorang ahli ibadah yang sewaktu-waktu bisa tersesat karena kurangnya ilmu
14) Nabi juga mengatakan, bahwa ilmu yang bermanfaat akan mendapat pahala dari Allah SWT, dan pahalanya berlangsung terus-menerus selama masyarakat menerima manfaat dari ilmunya.
15) “Siapa yang meninggalkan kampung halamannya untuk mencari pengetahuan, ia berada di jalan Allah”,
16) “Tinta seorang ulama adalah lebih suci daripada darah seorang syahid ”
17) Apabila Allah menginginkan kebaikan bagi seseorang maka dia diberi pendalaman dalam ilmu agama. Sesungguhnya memperoleh ilmu hanya dengan belajar. (HR. Bukhari)
18) Para ulama fiqih adalah pelaksana amanat para rasul selama mereka tidak memasuki (bidang) dunia. Mendengar sabda tersebut, para sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, apa arti memasuki (bidang) dunia.
19) Rasulullah Saw bersabda : "Ya Allah, rahmatilah khalifah-khalifahku." Para sahabat lalu bertanya, "Ya Rasulullah, siapakah khalifah-khalifahmu?" Beliau menjawab, "Orang-orang yang datang sesudahku mengulang-ulang pelajaran hadits-hadits dan sunahku dan mengajarkannya kepada orang-orang sesudahku." (HR. Ar-Ridha)
20) Wahai Aba Dzar, kamu pergi mengajarkan ayat dari Kitabullah lebih baik bagimu daripada shalat (sunnah) seratus rakaat, dan pergi mengajarkan satu bab ilmu pengetahuan baik dilaksanakan atau tidak, itu lebih baik daripada shalat seribu raka'at. (HR. Ibnu Majah)
21) Kelebihan seorang alim (ilmuwan) terhadap seorang 'abid (ahli ibadah) ibarat bulan purnama terhadap seluruh bintang. (HR. Abu Dawud )
22) Duduk bersama para ulama adalah ibadah. (HR. Ad-Dailami)
23) Apabila kamu melewati taman-taman surga, minumlah hingga puas. Para sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, apa yang dimaksud taman-taman surga itu?" Nabi Saw menjawab, "Majelis-majelis taklim." (HR. Ath-Thabrani)
24) Sesungguhnya Allah tidak menahan ilmu dari manusia dengan cara merenggut tetapi dengan mewafatkan para ulama sehingga tidak lagi tersisa seorang alim. …… (Mutafaq'alaih)
25) Sedikit ilmu lebih baik dari banyak ibadah. ……(HR. Ath-Thabrani)

Dirangkum dari berbagai tulisan seperti “Ilmu yang bermanfaat” (Aa Gym), “Ihya ‘Uluumuddiin” (Imam Al Ghazali), http://muslim.or.id/manhaj/ilmu-melahirkan-amalan.html, 1100 Hadits Terpilih (Sinar Ajaran Muhammad) - Dr. Muhammad Faiz Almath, Gema Insani Press

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Labels