Sabtu, 24 Maret 2012

KEUTAMAAN BULAN MUHARROM ( SUROH )

Posted by iqbal ali wafa On 19.30 | No comments
KEUTAMAAN BULAN MUHARROM ( SUROH )
Bulan muharram adalah permulaan bulan dalam Kalender hijriyah. Dalam bulan ini terkandung beberapa keutamaan. Diantaranya adalah:
1. Salah satu bulan yang diharamkan Allah (dimuliakan Allah)
2. Bulan Allah

3. Disunnahkan berpuasa ‘Asyuro
Adapun hadis-hadis yang menjadi dasar ibadah puasa tersebut, diantaranya :
• Diriwayatkan dari Abu Qatadah ra, Rasulullah saw, bersabda : “ Aku berharap pada Allah dengan puasa Asyura ini dapat menghapus dosa selama setahun sebelumnya.” (H.R. Bukhari dan Muslim)
• Ibnu Abbas ra berkata : “Aku tidak pernah melihat Rasulullah saw, berupaya keras untuk puasa pada suatu hari melebihi yang lainnya kecuali pada hari ini, yaitu hari as Syura dan bulan Ramadhan.” (H.R. Bukhari dan Muslim)
• Abul-Laits Asssamarqandi meriwayatkan dengan sanadnya dari Ibnu Abbas r.a berkata: Nabi SAW. bersabda; “Barangsiapa yang berpuasa pada hari Asyura’ yakni 10 Muharram, maka Allah akan memberikan kepadanya pahala 10,000 malaikat; dan barangsiapa yang puasa pada hari Assyuuraa’, maka akan diberikan pahala 10, 000 orang Haji dan Umrah, dan 10, 000 orang mati syahid; dan siapa yang mengusap kepala anak yatim pada hari Assyuuraa’, maka Allah akan menaikkan dengan rambut satu darjat. Dan barangsiapa yang memberi buka puasa orang mukmin yang berpuasa pada hari Assyuuraa’, maka seolah-olah memberi buka puasa semua umat Muhammad SAW. dan mengenyangkan perut mereka”.
4. Tonggak sejarah Islam
5. Bulan Yatim

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Labels